Langsung ke konten utama

Cerita Menyusui Garvi

Assalammualaikum.... Jumpa lagi, jumpa Tania disini *nyanyi lagu ala Maisy* *anak 90an banget* :p
Postingan kali ini dalam rangka Pekan Menyusui Sedunia... Menyusui bukan sebuah pilihan, menyusui adalah tanggung jawab. Iya, karena mendapatkan ASI adalah hak setiap anak. Nutrisi terbaik untuk bayi usia 6 bulan ke bawah ya ASI. Allah Maha Hebat dan Maha Sempurna membuat ASI jadi nutrisi utama yang luar biasa manfaatnya. Kali ini bukan mau kasih kuliah soal manfaat ASI ko, tp mau berbagi pengalaman dan cerita banyak soal menyusui Garvi.

Semenjak hamil, aku mulai cari tahu juga tentang proses menyusui, sempat ikut salah satu kelas edukasi juga di kantor dengan mengundang Mbak Mia salah satu founder AIMI. Yap, menyusui adalah sebuah proses, bukan hal instan. Walaupun tiap anak terlahir dengan insting untuk menghisap dan mencari ASI. Sebelum ngalamin sendiri yang namanya nyusuin, aku pikir okelah nyusuin itu tinggal nyodorin payudara ke bayi nanti dia akan nyusu dengan sendirinya. Weeiits, ternyata prosesnya ga segampang itu kawan.. Tp jangan langsung mikir klo nyusuin itu susah juga ya. Tiap orang pasti punya cerita masing-masing :)

Ketika Garvi lahir lewat operasi cesar, aku memang ga bisa IMD sepenuhnya. Garvi hanya sempat beberapa menit saja ditaruh di dada ku, padahal kalau IMD ditaruhnya bukan di area dada ya. Saat itu, Garvi juga ga kesulitan untuk menemukam sumber makanannya. Proses itu berlangsung singkat, Garvi diangkat dari badan ku dan aku harus menunggu tindakan-tindakan pasca operasi. Jam 4 pagi aku sudah boleh masuk ke kamar rawat, tapi Garvi masih diobservasi. Aku juga belum boleh bangun dari tempat tidur, posisi ku hanya boleh tiduran dengan 1 bantal dan miring kanan kiri. Kira-kira jam 8 pagi, Garvi diantar ke kamar ku, itu kali pertama aku melihat wajahnya secara jelas. Suster yang mengantar Garvi langsung meminta ku untuk menyusui Garvi. Ok, percobaan menyusui pertama. Baru beberapa kali hisapan, tiba-tiba Garvi berhenti dan muntah atau gumoh berwarna kecoklatan. Panik? Banget! Karena sepengetahuan ku gumohnya bayi itu warnanya putih, lho kok ini warnanya cokelat. Langsung panggil suster untuk cari tahu. Dan Garvi juga langsung dibawa lagi untuk diobservasi. Hasilnya, glukosa darahnya rendah. Jadi Garvi masih harus dalam pantauan tim medis. Harus diberikan glukosa juga..
Kalau ditanya perasaan ku gimana rasanya, sedih laah pasti. Hampir tiap suster visit, aku pasti tanya kapan Garvi bisa dibawa ke kamar lagi, karena di RS ini menerapkan rawat gabung. Sampai jam 4 sore ternyata Garvi masih belum boleh rawat gabung. Jadilah hari itu aku belum menyusui anak ku..

Besoknya, setelah Garvi mandi pagi, dan hasil lab nya nunjukin kalau glukosa darahnya normal, Garvi boleh rawat gabung sama Bunni. Mulai lagi adaptasi dan belajar nyusuin. Tapi ko ada yang aneh rasanya, Garvi seperti kesulitan buat nyusu, perlekatannya sulit sekali. Ketika sudah berhasil, baru beberapa hisapan, mulutnya sudah lepas lagi. Begitu terus sambil diiringi tangisannya juga. Siangnya dokter laktasi visit ke ruangan, aku diminta untuk menyusui Garvi. Kondisi yang sama terjadi lagi, dan dokter minta untuk cek kondisi mulut Garvi. Setelah dicek, dokter bilang Garvi ada tongue tie dan liptie. Daaarr!!! Ya Allah, apa lagi ini... Sebelumnya aku hanya pernah mendengar cerita teman dan baca-baca saja seputar 2 hal itu. Tapi sekarang aku mengalaminya sendiri. Dokter bilang kenapa dia tiap beberapa hisapan sudah lepas karena liptie nya yang mengganggu proses menyusu nya. Pilihannya diinsisi.. Aku diskusi dengan suami, bagaimana jalan terbaiknya. Kalau mau bertahan dengan kondisi Garvi yang masih sulit menyusu begini, aku khawatir nutrisinya ga akan tercukupi. Malemnya, Garvi makin rewel, nyusunya makin susah. Akhirnya aku kabur ke ruangan menyusui yang dekat ruangan perawat. Untungnya RS tempat ku melahirkan sangat pro ASI. Disana aku dibantu perawat supaya perlekatan Garvi bagus. Diberi penjelasan juga supaya sebisa mungkin kita jangan panik karena bayi bisa ngerasain itu lewat detak jantung kita, dan itu bikin bayi ngerasa ga nyaman. Puting ku juga mulai lecet. Tiap kali Garvi berusaha menghisap, aku refleks meringis sambil menahan sakit. Tiap kali itu juga tangisan Garvi makin kencang. Kata perawat itu karena dia merasa tertolak oleh ku. Huuwaaa.... Makin sedih rasanya. Andai Garvi sudah mengerti bahasaku.. Bukan Nak, Bunni sayang banget ko sama km. Ini Bunni lg nahan sakit aja. Heeuu.... Setelah hampir 30 menit berjuang, areola yg ditarik-tarik perawat, cuma bisa pasrah. Akhirnya Garvi bisa nyusu tanpa lepas-lepas. Fiyuuh....

Pengalaman itu bikin aku dan suami memutuskan Garvi diinsisi aja supaya proses menyusui lebih lancar. Akhirnya di usia 2 hari Garvi diinsi tongue tie dan liptie nya. Diinsisi itu digunting, digunting ya berdarah.. Ngeliat Garvi diinsisi begitu, anaknya nangis, Bunni nya juga ikutan nangis. Dokter nya minta Garvi langsung disusuin supaya perdarahannya berenti. Harapan ku setelah diinsisi, Garvi jadi lebih lancar nyusunya, terus ga sakit lagi klo nyusu. Karena menurut pengalaman Ibu-ibu yang anaknya diinsisi, setelah itu anaknya jadi lebih gampang waktu nyusu dan ga sakit lagi.. Ohh iya, setelah diinsisi ini, bayi harus rutin senam lidah, 5× sehari. Aku makin pede kan karena Garvi udah diinsisi, bayangan ku ya ga ada lagi tuh drama-drama nyusuin macem kemarin itu. Ternyata ya harapan tinggal harapan ya.. Garvi masih susah mau perlekatan, nyusuin juga masih sakit, walaupun kalau sudah dapet perlekatannya Garvi udah ga lepas-lepas lagi nyusunya. Yaaa one problem solved lahh ya...
Ngeliat Garvi masih susah dapet perlekatannya, jadilah waktu-waktu menyusui ku lewatin bareng perawat-perawat lagi. Ngedrop rasanya, anak udah diinsisi tapi ko nyusu masih susah aja sih.. Apa lagi sih masalahnya?? Bingung, serba salah rasanya.. Besoknya konsul sama dokter laktasi, katanya itu karena anak masih adaptasi sama kondisi barunya. Ya hari itu dilewatin dengan kondisi yang sama. Sempet merhatiin kondisi Garvi, ko keliatan agak kuning ya kulitnya. Besoknya lagi, mau siap-siap pulang, tapi Garvi harus dicek darah dulu. Ternyata bilirubinnya tinggi dan harus di blue light. Ya Allah ya Rabb... Apalagi ini. Dokter bilang aku udah boleh pulang, tapi tiap 3 jam aku harus setor ASI buat Garvi. Karena aku ga memungkinkan buat mobile dari rumah ke RS, aku milih buat tetep stay aja di RS sampe kondisi Garvi membaik. Aku coba buat pumping ASI ku, Alhamdulillah dapet 30 ml. Aku titip di ruang bayi buat minum Garvi. Tapi ternyata ga cukup. Jadi aku sering dipanggil ke ruang bayi untuk nyusuin Garvi.. Tiap kali mau nangis, selalu keingetan kalau ga boleh sedih dan stres karena nanti ASI ga keluar. Tapi mau ga sedih dan ga stres juga rasanya susah yaa...
Singkatnya setelah sehari disinar Garvi boleh pulang.

Aku dan suami mutusin buat tinggal sementara di rumah Mama dulu supaya aku ada yang bantu dan jagain waktu suami kerja. Perjuangan menyusui dimulai lagi... Mulai dari anak yang tiap malem bangun dan nangis, puting makin lecet, dan harus denger omongan yang bilang klo ASI ku sedikit jd anaknya laper terus. Capek fisik dan emosi rasanya. Tapi aku terus sugesti diri ku, ASI ku CUKUP! ASI ku yang terbaik utk anak ku! Aku pasti bisa nyusuin anak ku! Disuruh makan katuk, kacang rebus, dipijet payudaranya, semua yang katanya bisa memperbanyak ASI, aku jalanin. Sampai akhirnya Garvi harus kontrol, aku minta ke klinik laktasi juga. Dicek sana sini, diajarin berbagai posisi nyusuin, aku dianjurin untuk akupuntur. Oke, aku jalanin juga. Akupuntur seminggu 3x sampe 8x (yang dianjurin sampe 12x), konsumsi suplemen pelancar ASI dari dokter, dan makan makanan yang katanya bisa memperlancar ASI. Tapi tiap malem Garvi masih gitu kondisinya. Ketika udah tidur karena disusuin, pas ditaro tempat tidur, dia langsung bangun dan minta nyusu lagi kya kehausan. Setiap malem aku bener-bener ga bisa tidur, ditambah puting yg lecet dan sakit tiap kali mau nyusuin. Tiap Garvi nangis dan minta nyusu, aku udah ketakutan duluan, ngeliat dia mau nyusu macem liat mulut piranha.. Kaki sampe kejang-kejang karena nahan sakit.

Usia sebulan, Garvi harus cek lagi bekas insisinya dan setelah dicek ternyata taki lidahnya nyambung lagi sedikit di belakang. Mungkin karena itu nyusunya masih susah dan sakit. Kenapa bisa ada lagi tonguetienya? Ternyata karena aku ga rutin senamin lidahnya :'(
Dokter tanya apa mau diinsisi lagi.. Mama bilang jangan, kasian, tapi aku dan suami mutusin tetep diinsisi aja. Dibilang tega sama anak, ga kasian liat anak kesakitan, dll. Booo.... Tiap dia diinsisi aku juga ikutan nangis kaliii.. Ini semua Bunni lakuin buat Garvi, demi Garvi.
Sebulan pertama BB Garvi cuma naik 500 gr dari berat lahir, tapi sebenernya pas pulang ke rumah BBnya sempet drop jadi 2.5 kg. Jadi BBnya naik 800 gr sebulan. Garvi masih keliatan kurus, kecil... Perjuangan setelah insisi ke2 juga terus berlanjut.. Sampe Garvi usia 2 bulan, pipinya mulai keliatan gembil, tapi tangan sama kaki masih kurus. Mulai usia 3 bulan baru deh Garvi keliatan menggendut, jadi bayi bulat kesayangan Bunni :)
Aku juga mulai bisa nyusuin Garvi dengan posisi tiduran, jadi bisa sambil istirahat juga kalau malem Garvi minta nyusu. Lecet juga mulai hilang..

Manusiawi kok kalau kita ngerasa capek, emosi campur aduk, dsb ketika ngejalanin semua proses ini. Bahkan sempet aku juga hampir nyerah dan mau kasih sufor aja ke Garvi. Berantem dan ribut kecil sama suami gara-gara masalah persusuan ini juga dialamin ko. Bahkan suami sempet beli sufor yang untungnya ga mahal banget  dan berakhir cuma jadi pajangan di kulkas tanpa pernah dibuka.. Karena tiap kali mau kasih sufor, aku malah berasa makin sedih. Tenang, kalau kamu ngalamin hal-hal diatas, kamu ga sendiri.

Menjadi Ibu bukan hanya sekedar melahirkan anak, tapi juga menambah berbagai ilmu baru. Jadi jangan males juga buat cari tahu tentang hal-hal yang masih awam di mata kita. Misalnya belajar posisi-posisi menyusui, supaya bisa eksplor mana posisi ternyaman buat kita, belajar tentang grow spurt pada bayi, tanda bayi mau nyusu, dll.

Oh iya, sampai saat ini, udah ada beberapa booster ASI yang ku coba, mulai dari yang alami macem daun katuk, kacang rebus, sampai suplemen macem lactamom, paket susu kedelai+madu+hulbah, teh mamabear, terakhir nyoba Almond mylk di IG @yummy_melted

Yaapp begitulah cerita ku tentang perjalanan menyusui Garvi. Alhamdulillah Garvi bisa lulus S1 ASI eksklusif dan InsyaAllah tanggal 7 Agustus nanti Garvi lulus S2 ASI. Semoga cerita ini bisa jadi motivasi buat Ibu-Ibu lainnya yang masih berjuang buat menyusui anaknya.. Kuncinya harus yakin dan percaya kalau kita pasti bisa kasih asupan terbaik buat anak kita ya.. Dan satu lagi, kesuksesan Ibu menyusui bayinya juga PERLU SUPPORT SUAMI!! Walaupun suami ga menyusui, tapi perhatian macem ambilin minum buat istrinya pas lagi nyusuin, pijetin kaki istri, atau cuma sekedar nemenin bangun malem waktu istri lagi nyusuin. Kehadiran dan support suami akan berpengaruh juga ke emosi dan suasana hati istri pastinyaa.. Makanya ada yang bilang happy mommy, happy kids. Heheheee...

HAPPY BREASTFEEDING MOM!! ❤❤❤

With love,
Tania

Komentar

  1. Mau tanya donk akupunktur melancarkan asi berasanya asi nya keluar deras pas treatment ke berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii Mbak Nur Alita, akupuntur yang dilakukan tujuannya supaya Ibu semakin rileks. Aku sendiri ga terlalu memperhatikan di sesi akupuntur ke berapa ASI jadi deras. Krn selain akupuntur juga aku dipijat payudara, minum suplemen, dan yg paling penting sering disusui oleh bayi. Krn semakin sering ASI keluar, otak akan minta tubuh buat produksi trs.
      Jadi selama ga ada sumbatan di saluran ASI, InsyaAllah dg usaha2 di atas, ASI bs lancar ya mom :)

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menapaki venue demi venue...

Berbekal handphone yg katanya pintar, aku   mulai rajin cari2 informasi tentang pernak pernik pernikahan, dr mulai gedung, catering, vendor cetak kartu undangan, souvenir, rias, dan juga info terbaru soal biaya nikah di luar KUA. Menurut yg udah berpengalaman, yg pertama hrs disiapin ya gedung ini. Krn nantinya semua tanggal yg kita anggap baik dan cantik akan kalah sm ke-available-an gedung. So, sampe ada yg bilang klo tanggal baik itu tanggal dmn gedung yg kita mau masih kosong. Dari Januari kmrn aku mulai cari2 gedung apa aja yg jaraknya ga terlalu jauh dr rumah. Setelah dpt beberapa alternatifnya, mulai cari2 juga harga sewanya. Dr awal aku udh nentuin batas maksimal pengeluaran untuk gedung, jadi klo ada gedung yg dari segi jarak msh terhitung deket, tp di atas budget, kudu mesti harus dicoret dari daftar! Tp di awal Januari msh blm bs tanya apa gedungnya masih available atau ga, krn keputusan mau tgl apa br dpt stlh Mas patjar ketemu Bapak dulu di Solo. Akhirnya stlh

Pengalaman Test Food Perdana - Daffa Catering

Ketika awal kepikiran untuk bikin blog, niat awalnya itu karena mulai disibukkan sama semua persiapan pernikahan. Etapi ternyata ngeluangin waktu untuk nulis ga segampang semua cerita itu lewat di kepala.. Maafkeeuunn diriku yang ga konsisten sama diri sendiri ya… Setelah sempet cerita tentang perjuangan nentuin venue dan cari tempat yang masih available, sekarang aku mau certain tentang pengalaman-pengalaman ku dalam milih catering. Walaupun sebenernya ketika tulisan ini aku buat, aku udah menjatuhkan pilihan di catering X itu sih.. Hehehe… Bisa dibilang pengetahuan ku tentang catering ini sama sekali nol..! Aku bahkan tidak tahu catering mana saja yang recommended dan tidak. Catering mana saja yang memang sudah banyak dibicarakan dan terkenal karena rasanya yang enak, tetapi harga juga termasuk kualitas premium.. Yakk, satu hal yang bisa ku lakukan yaa berseluncur di dunia maya. Bukan hanya dari website catering tertentu saja, tetapi aku juga membaca tentang review-review da