Langsung ke konten utama

Menapaki venue demi venue...

Berbekal handphone yg katanya pintar, aku  mulai rajin cari2 informasi tentang pernak pernik pernikahan, dr mulai gedung, catering, vendor cetak kartu undangan, souvenir, rias, dan juga info terbaru soal biaya nikah di luar KUA.

Menurut yg udah berpengalaman, yg pertama hrs disiapin ya gedung ini. Krn nantinya semua tanggal yg kita anggap baik dan cantik akan kalah sm ke-available-an gedung. So, sampe ada yg bilang klo tanggal baik itu tanggal dmn gedung yg kita mau masih kosong.

Dari Januari kmrn aku mulai cari2 gedung apa aja yg jaraknya ga terlalu jauh dr rumah. Setelah dpt beberapa alternatifnya, mulai cari2 juga harga sewanya. Dr awal aku udh nentuin batas maksimal pengeluaran untuk gedung, jadi klo ada gedung yg dari segi jarak msh terhitung deket, tp di atas budget, kudu mesti harus dicoret dari daftar! Tp di awal Januari msh blm bs tanya apa gedungnya masih available atau ga, krn keputusan mau tgl apa br dpt stlh Mas patjar ketemu Bapak dulu di Solo.
Akhirnya stlh dpt izin dan restu dr Bapak di bulan yg kita mauin, baru deh kita mulai survey venue.

Berikut beberapa venue yang sempet aku datengin :
1.    Graha Jala Bhakti
Alamat : Jl. Jati Raya Barat No. 58, Komplek TNI AL
No. Telp : 021-7699548

Dari segi lokasi, venue ini paling deket jaraknya dari rumah. Dan sejujurnya venue ini jd venue impian aku buat melangsungkan pernikahan. Tp yg namanya mimpi kadang suka beda sm kenyataan kan. Selama ini aku emang blm pernah masuk dan liat langsung kondisi GJB. Aku cm sering lewat di depannya aja. Dan menurut ku venue ini lumayan OK. Krn bentuk bangunannya lebih menyerupai rumah, ntah knp aku ngerasa dpt aja gitu feel nya. Warna cat nya pun putih, adem jdnya. Dr luar emang ada tangga gt menuju pintu masuk bangunannya. Tp ga terlalu tinggi, dan nilai plusnya lg, GJB punya basement yg memang difungsikan utk tmpt parkir mobil. Mnrt pengelola sih bs cukup sampe 60 mobil.
Etapiii pas survey langsung, aku dibikin nga to the nga.. Ternyata stlh naik tangga yg kliatan dr dpn td dan masuk lewat pintu utama, kita masih harus naik tangga agak melingkar br deh sampe di aulanya gitu. Lantai pertama ternyata cm utk ruang rias dan ruang akad nikah. Klo tangganya sama kya tangga di depan td sih gpp deh, lha ini..... tinggi men...!! Sejujurnya aku sendiri aja pegel lho pas naik (pdhl emang krn ga pernah OR), jd kepikiran gmn klo ada tamu yg udh berumur, hamil, atau bawa anak kecil yakk, pasti butuh perjuangan lbh kan supaya bs sampe tempat resepsi. Hikss... Ko ya ga tega yaa..
Satu lg yg jd perhatian ku, untuk panggung jg ga terlalu besar dan posisinya menjorok ke dlm. Jd ceilingnya jg pendek bgt pas di bagian panggungnya.

Ngeliat semua keadaan itu, Mas patjar tetep ga berkurang interest nya sama venue ini, alasannya ya balik lg ke harga ya.
Bs dibilang ini masih terjangkau, utk harga sewanya Rp. 3.750.000,- dan untuk akad Rp. 750.000,-

Ruang Resepsi - Tinggi kan Ceilingnya

Area pelaminan


2.   Aula Serbaguna Masjid Daarul Adzkaar
Alamat : Jl. Karang Tengah Raya No.30, Jakarta Selatan
No. Telp : 021-7696903

Setelah survey ke GJB, kita berlanjut lg ke Masjid Daarul Adzkaar. Venue ini pernah jd tempat resepsi sepupu jauh ku. Secara tempat, aku lbh suka di GJB, soalnya disini lahan parkir terbatas. Heeeuuu... Dan ceilingnya pun ga tinggi. Kalau di GJB, bentuk atap bangunan mengerucut, cm pas dibagian panggung aja ceilingnya agak mefet. Naaahh kalau disini, semua area ceilingnya sama. Apalagi pas di area panggung, makin pendek aja jadinya jarak dr lantai ke atap.

Okeh, setelah cek venuenya, kita ber2 ke kantornya utk tanya tanggal dan jg harga sewa. Dan begitu disebut harga sewanya, aku cm bs nahan nafas. Harganya di atas 10jt dan utk akad kena 1jt. Belum lg kalau cateringnya bukan rekanan, charge yg dikenakan LUMAYAN banyak. Aaahh sudahlahh, dr awal pun udh ga sreg sih sbnrnya. Jd marilah kita beranjak ke tempat lainnya *naik mobil seraya menghibur diri*

3.   Balai Prajurit (Bapra) Cilandak
Alamat : Jl. Cilandak KKO, Pasar Minggu
No. Telp : 021-7821832

Setelah sempet nyasar ke kolam renang Cilandak yang tepat berada di sebelah gedung ini, akhirnya kita bisa selamat sampai di Balai Prajurit. Pas sampe, waahhh ada yang abis nikahan deh kyanya, atau baru mau mulai acara ya.. Kita sampe sana sekitar jam 16.30. Ternyata bener, baru perisapan untuk acara mlm. Catering yang dipake Hj. Tini Suherlan. Dengan PeDe nya, setelah minta izin, kita ber2 masuk dan liat-liat venuenya. Hhmmm..... Ternyata di dalemnya ada bangku-bangku tribun gitu.. Dan ga ada AC-nya. Agak krang formal menurutku, karena ada tribun-tribunnya. Kesannya jadi bukan di Gedung, tapi mirip lapangan bulu tangkis/ basket indoor.

Setelah puas liat, kita mampir ke kantornya, dan ketemu sama pengurus disana. Harga sewanya 6jt, dan untuk akad 1jt. Kalau ada keluarga yang TNI, bisa dpt potongan harga. Sayangnya keluarga Mas patjar itu kebanyakan dari Polisi, bukan TNI. Jadi harga ga bs kurang. Baaeekklaah....
Selesai tanya2 harga, sempet mampir lagi ke venue, tanya-tanya harga sama org cateringnya, buat jadi alternatif catering gituu.. *gegayaan, gedung aja belum dpt udah ngurusin catering*
Tapi bersyukur banget, untung aja balik lagi dan tanya2 sm orang catering ini, karena dari dia jd dpt informasi tentang gedung lain yang lokasinya ga jauh dari rumah. Mungkin itu yg namanya dikasih kemudahan ya.. Makasih banyak ya Allah....
Berhubung udh sore, jadi kita cepet2 cuss berangkat ke tempat yang disebutin sm Mbaknya tadi.
Ada tribunnya tuhhh...


4.   Graha Adhya Wicaksana
Alamat : Jl. Jati No. 1, Komplek Dislitbang AL

Yuhuuu.... Akhirnya sampe juga di venue ini, letaknya deket dari rumah. Masih satu lingkungan Kemhan atau biasanya dulu orang sebutnya Hankam.
Begitu kita dateng, ternyata abis ada acara juga disana, masih ada mobil-mobil yang angkut perlengkapan dekorasi gitu.
Okeh, masuk ke venue, dan aku suka!! Hihiii... Secara luas, venue ini lumayan ko, meskipun memanjang gitu modelnya. Terus panggungnya juga lumayan besar. Dan disampingnya dekat dengan Masjid. Jadi kalau mau akad nikah di Masjid kan deket tuh. Ketemu sama pengurusnya, tanya2 lagi mengenai harga dan available tanggal.
Karena venue ini masih agak kurang terkenal, jadi masih banyak banget tanggal yang available. Tapi bad news nya venue ini hanya bisa dipakai dari hari Senin-Sabtu. Karena di hari minggu dijadikan tempat ibadah untuk umat Kristiani. Hiks... Agak sedih juga sebenernya, karena sejujurnya aku prefer adain acara di hari Minggu daripada hari Sabtu.
Harga sewanya 5jt untuk acara siang dan 5,5jt untuk acara mlm. Kalau akadnya 500rb saja.

Sebenernya aku pernah cek ke Masjid Al-Azhar juga (aula Buya Hamka), luas sih tempat acaranya, tapi apa daya kantong tak mampu.
Wuuzzzaaaahh... Puanjang aneett curhatnya.. Tangan udah pegel, kegalauan selanjutnya tentang Catering di posting nanti ya..
*tangan dadahdadah*


Komentar

  1. Buat kamu yang sibuk kerja gak punya waktu luang buat hunting gedung/vendor? gak sah khawatir HIS Grand Slipi kini hadir dengan akses yang sangat mudah dan strategis di jl. S Parman, fasilitas ballroom bintang lima : single ballroom, interior mewah dengan lampu Kristal yang menawan, sudah bekerja sama dengan vendor-vendor hits Jakarta. Paket pernikahan sudah all in Package include:
    - Fasilitas Gedung (Full AC & Full karpet),
    - Dekorasi,
    - Catering,
    - Rias & Busana,
    - Entertainment,
    - Photography,
    - Tim WO 8 orang + MC
    - Mobil Pengantin Alphard
    Temukan wedding consultan pribadimu yang professional dan berkomitmen tinggi dapatkan juga FREE HONEYMOON MALDIVES 5D4N, LOGAM MULIA, PHOTOBOOTH UNLIMITED tanpa diundi. Segera hubungi marketing HIS Grand Slipi Convention Hall_OZI : 0895 4103 28343.

    BalasHapus
  2. Hallo calon pengantin, ada rencana menikah tapi masih bingung cari venue dan gak mau ribet?
    HIS Graha Elnusa (Jl. TB. Simatupang, Kav. 1B, Jakarta Selatan) menyediakan All in Package Wedding lho!
    Kamu gak perlu repot-repot cari vendor sana sini lagi karena kalian sudah dapat:
    - Fasilitas Gedung (Full karpet & AC)
    - Dekorasi
    - Catering
    - Rias & Busana
    - Entertainment
    - Photography
    - Tim WO 6 orang + MC
    - Mobil Pengantin Alphard
    BONUS: Exclusive Honeymoon 3D2N ke Bali dan FREE logam mulia 20 gr dan masih banyak bonus menarik lainnya juga lho!
    Untuk lebih lanjut hubungi INES 085887972972 sebagai Wedding Consultant kamu :)

    BalasHapus
  3. Haiii para calon pengantin, ada rencana menikah tapi masih bingung cari venue dan gak mau ribet?
    BilBen catering & wedding menyediakan All in Package Wedding lho!
    Cukup dengan 95jt kamu sudah dapat 500pax all in one package di Graha Adhya Wicaksana, Jakarta Selatan
    Kamu gak perlu repot-repot cari vendor sana sini lagi karena kamu sudah dapat:
    - Fasilitas Gedung
    - Dekorasi
    - Catering
    - Rias & Busana
    - Entertainment
    - Photography
    - MC
    - Team WO

    Untuk lebih lanjut,
    Ina 089626064046 atau 081299347634

    BalasHapus
  4. Hallo, aku mau sharing tentang pernikahan aku di gedung HIS GRAHA ELNUSA di TB Simatupang yang sudah full karpet harganya jauh lebih murah looh untuk gedung di daerah Jak-Sel, parkirannya juga luas bgt, udah gitu gak ribet cari2 vendor lg karena disitu sistemnya udah ALL IN PACKAGE dan sudah ada WEDDING PLANNERnya lho.. Kemarin acara aku di arrange sama wedding consultant yang kooperatif bgt acara berjalan lancar dengan budget aku yg tidak terlalu mahal dan masuk akal..Silahkan langsung kontak wedding consultant yang handle aku 085887972972 mba INES namanya dia udh berpengalaman dalam hal wedding biasanya juga dia suka kasih bonus banyaakk.. hehehe  

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Menyusui Garvi

Assalammualaikum.... Jumpa lagi, jumpa Tania disini *nyanyi lagu ala Maisy* *anak 90an banget* :p Postingan kali ini dalam rangka Pekan Menyusui Sedunia... Menyusui bukan sebuah pilihan, menyusui adalah tanggung jawab. Iya, karena mendapatkan ASI adalah hak setiap anak. Nutrisi terbaik untuk bayi usia 6 bulan ke bawah ya ASI. Allah Maha Hebat dan Maha Sempurna membuat ASI jadi nutrisi utama yang luar biasa manfaatnya. Kali ini bukan mau kasih kuliah soal manfaat ASI ko, tp mau berbagi pengalaman dan cerita banyak soal menyusui Garvi. Semenjak hamil, aku mulai cari tahu juga tentang proses menyusui, sempat ikut salah satu kelas edukasi juga di kantor dengan mengundang Mbak Mia salah satu founder AIMI. Yap, menyusui adalah sebuah proses, bukan hal instan. Walaupun tiap anak terlahir dengan insting untuk menghisap dan mencari ASI. Sebelum ngalamin sendiri yang namanya nyusuin, aku pikir okelah nyusuin itu tinggal nyodorin payudara ke bayi nanti dia akan nyusu dengan sendirinya. Weeiit

Pengalaman Test Food Perdana - Daffa Catering

Ketika awal kepikiran untuk bikin blog, niat awalnya itu karena mulai disibukkan sama semua persiapan pernikahan. Etapi ternyata ngeluangin waktu untuk nulis ga segampang semua cerita itu lewat di kepala.. Maafkeeuunn diriku yang ga konsisten sama diri sendiri ya… Setelah sempet cerita tentang perjuangan nentuin venue dan cari tempat yang masih available, sekarang aku mau certain tentang pengalaman-pengalaman ku dalam milih catering. Walaupun sebenernya ketika tulisan ini aku buat, aku udah menjatuhkan pilihan di catering X itu sih.. Hehehe… Bisa dibilang pengetahuan ku tentang catering ini sama sekali nol..! Aku bahkan tidak tahu catering mana saja yang recommended dan tidak. Catering mana saja yang memang sudah banyak dibicarakan dan terkenal karena rasanya yang enak, tetapi harga juga termasuk kualitas premium.. Yakk, satu hal yang bisa ku lakukan yaa berseluncur di dunia maya. Bukan hanya dari website catering tertentu saja, tetapi aku juga membaca tentang review-review da